Kamis, 14 April 2011

Manusia dan tanggungjawab

Tanggungjawab
Tanggungjawab adalah sebuah rasa atau perilaku yang menerima konsekuensi atau resiko dari sebuah tindakan. Rasa Tanggung Jawab itu dapat tercipta karena kesadaran akan kewajiban manusia.  
Tanggung Jawab itu sendiri ada di dalam diri manusia. ketika manusia di tuntut akan hak dan kewajibannya maka rasa tanggungjawab itu sendiri akan muncul dengan sendirinya. memang tanggung jawab itu membebani manusia karena merupakan hak dan kewajibannya. apabila manusia tidak dibebani rasa TanggungJawab manusia lebih ceroboh dalam bertindak dan lari dari sebuah resiko. orang yang selalu bertanggungjawab merupakan ciri -ciri seorang pemimpin yaitu berani menanggung baik atau buruknya sebuah keputusan yang telah ia kerjakan.
Macam-macam Tanggungjawab :
-  tanggungjawab terhadap diri sendiri
maksudnya yaitu berusaha untuk menanggung resiko terhadap apa yang telah diperbuatnya. 
- Tanggungjawab terhadap Keluarga
tindakan yang dilakukan untuk keluarga misalnya seorang ayah memberikan nafkah kepada keluarganya.
- Tanggungjawab terhadap masyarakat
peran tindakan yang dilakukan terhadap lingkungan dan antar sesama masyarakat.
- Tanggungjawab terhadap bangsa\negara
tindakan rakyat indonesia terhadap bangsanya dalam hal hak dan kewajibannya sebagai rakyat indonesia.
- TanggungJawab terhadap Tuhan
tindakan kodrati manusia yaitu kewajiban untuk beribadah kepada tuhan dan dapat menanggung resiko terhadap apa yang ia kerjakan di hadapan tuhan.

Pengabdian dan Pengorbanan
Perwujudan Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta kasih sayang, norma, atau satu ikatan dari semua itu dilakukan dengan ikhlas. Pengabdian itu pada hakekatnya adalah rasa tanggungjawab. Apabila orang bekerja  keras sehari penuh untuk mencapai kebutuhan, hal itu berarti mengabdi keapada keluarga.  Manusia tidak ada dengan sendirinya, tetapi merupakan mahluk ciptaan Tuhan. Sebagai ciptaan Tuhan manusia wajib mengabdi kepada Tuhan. Pengabdian berarti penyerahan diri sepenuhnya kepada tuhan, dan merupakan perwujudan tanggungjawab kepadaTuhan.
Pengorbanan merupakan akibat dari pengabdian. Pengorbanan dapat berupa harta benda, pikiran dan perasaan, bahkan dapat juga berupa jiwanya.pengorbanan dilakukan tanpa pamrih namun pengorbanan belum tentu dikatakan sebagai pengabdian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar