Kamis, 14 April 2011

Manusia dan pandangan hidup

Pandangan hidup 
Manusia merupakan makhluk sosial. manusia dituntut untuk saling melakukan interaksi sesama makhluk hidup lain. dalam melakukan tidakan atau interaksi sosial tersebut manusia memiliki pandangan hidup yaitu sifat kodrati yang ada di dalam diri manusia berupa pedoman, petunjuk, tujuan, dan mewujudkan cita-cita dalam kehidupannya.

pandangan hidup bermula pada :
  1. Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya seperti etika, moral akhlak untuk membentuk diri manusia.
  2. Pandangan hidup yang berupa ideology yaitu pandangan hidup yang sesuai dengan falsah negara.
  3. Pandangan hidup yang berasal dari pemikiran-pemikiran seperti pandangan hidup yang ada dalam adat istiadat dalam suatu kelompok tertentu..
cita-cita,
Menurut kamus umum bahasa Indonesia cita-cita adalah keinginan, harapan, tujuan yang selalu ada dalam pikiran. Baik keinginan, harapan, maupun tujuan merupakan apa yang mau diperoleh seseorang pada masa mendatang. 
cita - cita itu dapat terwujud apabila kita sungguh - sungguh atau berusaha untuk mewujudkannya. karena apa yang kita inginkan akan kita dapatkan apabila kita berusaha mulai dari mimpi kita, keinginan kita, semangat kita itu semua dapat memotivasi kita dalam mencapai cita - cita. Jadi mulailah persiapkan apa nanti cita -cita kita dan bagaimana kita dapat mewujudkannya dari sekarang.

Kebajikan
kebajikan yaitu perbuatan baik yang dilakukan seseorang. memang pada dasarnya manusia harus berbuat baik terhadap sesama makhluk hidup, saling tolong - menolong, dan bisa bersosialisasi terhadap masyarakat dan lingkungannya.

Usaha/perjuangan
Usaha /perjuangan adalah tindakan yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan atau cita -cita. tindakan tersebut dapat berupa kerja keras baik dari ilmu pengetahuan yang telah didapatkan maupun dari tenaga yang kita punya. sesuatu yang diperjuangkan akan dicapai secara optimal melalui segala cara untuk mendapatkannya. seperti rakyat indonesia yang memperjuangkankan negaranya agar merdeka sampai akhirnya indonesia mendeka itu semua terjadi akibat dari usaha rakyat indonesia dalam mempertahankannya.

keyakinan/kepercayaan.
keyakinan/kepercayaan adalah perilaku yang ada didalam hati nurani manusia berupa anggapan terhadap sesuatu yang dianggap benar dan sesuai pandangan hidup, norma, dan moral yang berlaku. 
Keyakinan/kepercayaan yang menjadi dasar pandangan hidup berasal dari akal atau kekuasaan Tuhan. Menurut Prof.Dr.Harun Nasution, ada 3 aliran filsafat yaitu
aliran naturalisme; hidup manusia itu dihubungkan dengan kekuatan gaib yang merupakan kekuatan tertinggi. Kekuatan gaib itu dari nature, dan itu dari Tuhan. Tetapi yang tidak percaya pada Tuhan, nature itulah yang tertinggi. Aliran naturalisme berisikan spekulasi mungkin ada Tuhan mungkin juga tidak ada
aliran intelektualisme; dasar aliran ini adalah logika/akal. Manusia mengutamakan akal. Dengan akal manusia berpikir, mana yang benar menurut akal itulah yang baik, walaupun bertentangan dengan kekuatan hati nurani. Manusia yakin bahwa dengan kekuatan piker (akal) kebajikan itu dapat dicapai dengan sukses. Dengan akal diciptakan teknologi, teknologi adalah alat Bantu mencapai kebajikan yang maksimal, 
 aliran gabungan. Dasar aliran ini idalah kekuatan gaib dan juga akal. Kekuatan gaib artinya kekuatan yang berasal dari Tuhan, percaya adanya Tuhan sebagai dasar keyakinan. Sedangkan akal adalah dasar kebudayaan, yang menentukan benar tidaknya sesuatu. Segala sesuatu dinilai dengan akal, baik sebagai logika berpikir maupun sebagai rasa (hati nurani). Jadi apa yang benar menurut logika berpikir juga dapat diterima oleh hati nurani. Apabial aliran ini dihubungkan dengan pandangan hidup, maka akan ambil dua kemungkinan pandangan hidup

Langkah-langkah berpandangan hidup yang baik :
  1. mengenal
  2. mengerti
  3. menghayati
  4. meyakini
  5. mengabdi
  6. mengamankan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar