Minggu, 06 Mei 2012

Webometric

 Ilmu Webometrik adalah merupakan studi untuk mengukur jaring jagad jembar (WWW) untuk mendapatkan pengetahuan tentang jumlah dan jenis hyperlink, struktur www dan pola penggunaannya. 


Menurut Thelwall, Webometrik merupakan studi konten berbasis web dengan metode kuantitatif bagi tujuan penelitian ilmu sosial yang menggunakan teknik yang tidak spesifik pada satu bidang studi. Salah satu indikator pengukuran webometrik dengan WIF (Web Impact Factor), yaitu dengan melihat jumlah halaman web dalam situs web yang menerima link dari situs web yang lain, dibagi dengan jumlah halaman web yang dipublis dalam situs tersebut yang aksesibel pada crawler. Indikator lain yang dijadikan sebagai ukuran dalam webometrik adalah ukuran institusi, bukan jumlah web, terbukti lebih bermanfaat.

Menurut penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam the Journal of the American Society for Information Science and Technology, meskipun lebih dari 10 tahun penelitian tidak ada kesepakatan mengenai peran yang paling cocok untuk indikator Webometrik dalam mendukung kebijakan penelitian dan hampir tidak ada field-based Webometrics.. "Meskipun Webometrics tidak dapat memberikan indikator kuat arus pengetahuan atau dampak penelitian ini namun dapat memberikan beberapa bukti jaringan dan kesadaran bersama. Ruang lingkup Webometrics juga relatif luas, tidak hanya mencakup organisasi penelitian dan perusahaan, tetapi juga kelompok-kelompok perantara seperti asosiasi profesional, web portal, dan instansi pemerintah, “tulis M. Thelwall.

Webometrics Ranking of World Universities 

    dikutip dari wikipedia Webometrics Ranking of World Universities merupakan inisiatifuntuk mempromosikan dan membuka akses publikasi ilmiah guna meningkatkan kehadiran akademik dan lembaga-lembaga penelitian di Situs Web. Peringkatan dimulai pada tahun 2004 dan didasarkan pada gabungan indikator yang memperhitungkan baik volume maupun isi Web, visibilitas dan dampak dari publikasi web sesuai dengan jumlah pranala luar yang diterima. Peringkat ini diperbaharui setiap bulan Januari dan Juli, penyedia Web indikator universitas dan pusat penelitian di seluruh dunia. 

Metode Penilaian dalam webometric  


Sebelum Januari 2011 webometric menetapkan penilain berdasarkan 4 kategori, yaitu :

-Size ( S )  : Jumlah halaman dari sebuah website / subdomain universitas yang terindeks oleh mesin pencari, Google, Bing Yahoo dan Exalead.

Visibility  ( V ) : Jumlah total keseluruhan tautan eksternal / unik dan terdeteksi / terindeks oleh mesin pencari Google, Bing Yahoo dan Exalead.

-Rich File ( R ) : Banyaknya file yang terdeteksi, khususnya file yang memiliki tingkat relevansi terhadap aktivitas akademik dan publikasi ilmiah, dalam bentuk: Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps), Microsoft Word (.doc) dan Microsoft Powerpoint (.ppt).

-Scholar (Sc) : paper atau karya ilmiah dan kutipan-kutipan yang ditemukan dalam Google  Scholar.
Sedangkan untuk bulan Januari 2012 penilaian sedikit berubah walaupun pada intinya sama yaitu :
> G – factor
> Site Explorer
>SCIMAGO
>  Scholar
>   Rich Files
>   Webpages
Para peneliti menyimpulkan: “Webometrics bisa memberikan bukti tentang proses penelitian untuk compliment peer review, bibliometrik, dan indikator paten: pelacakan awal terutama pengembangan prapublikasi tentang bidang-bidang baru danresearch funding initiatives, menilai peran dan dampak organisasi perantara dan kebutuhan bagi salah satu pengembangan bidanya baru, serta memonitoring sejauh mana kesadaran bersama dalam bidang penelitian tertentu. (VerticalNews.com).

Referensi :
Elgohary, Amgad (2008).Arab universities on the web: a webometric study. Oxford:The Electronic Library.Vol. 26, Iss. 3; pg. 374
VerticalNews.com
http://id.wikipedia.org/wiki/Peringkat_Universitas_Dunia_Webometrics

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar